Tips Cara Tak Biasa Atasi Kepedasan

Tips Cara Tak Biasa Atasi Kepedasan - Penyuka hidangan pedas pasti tahu rasanya jika lidah masih belum terasa “membakar”, mereka perlu menambahkan lagi taburan bubuk cabai atau sambal ke makanan mereka. Namun, ketika makanan sudah habis, sensasi pedas tersebut dapat bertahan cukup lama di lidah.

Namun, bagi sebagian orang yang baru mencoba-coba sensasi pedas akan lebih terasa memilukan, apalagi tidak tahu cara menetralka sensasi membakar yang mereka rasakan di lidahnya. Oleh karena itu, Teman-teman Female belum terbiasa dengan sensasi tersebut tidak usah khawatir tentang hal itu, ada tips-tips bagaimana teman-teman bisa mengatasi sensasi pedas membakar. Di bawah ini tips cara tak biasa atasi kepedasan.

Tips Cara Tak Biasa Atasi Kepedasan

Tips Atasi Kepedasan

Lalu bagaimana untuk menetralkan kembali rasa pedas tersebut??? Di bawah ini akan diuraikan tips-tips bagaimana untuk menetralkan kembali lidah dari sensasi pedas, cara paling mudah untuk dilakukan adalah minum air. Enak kan? Lebih murah (:D). Namun, sebenarnya ada cara yang lebih efektif dalam menghilangkan sensasi tersebut. Berikut beberapa di antaranya;
  • Minum susu
Untuk melenyapkan sensasi pedas di mulut, susu putih tawar bisa dijadikan andalan. Menurut American Chemical Society, protein di dalam susu yang disebut dengan kafein membantu untuk memecah ikatan capsaicin (senyawa yang memberikan sensasi pedas dari cabai) dengan reseptor saraf.
  • Minum minuman beralkohol
Minuman beralkohol juga bisa membantu meringankan sensasi pedas pada mulut, meskipun hanya sementara. Karena minyak dan air tidak dapat bersatu, maka minuman beralkohol hanya akan menyebarkan capsaicin untuk mengurangi pedas di satu titik, bukan menetralkannya. Tapi bagi teman-teman Female yang muslim, jangan mencoba tips yang nomor dua ini. Sebab minum minuman beralkohol adalah haram hukumnya dan termasuk dosa besar.
  • Makan satu sendok gula
Manisnya gula dapat menetralkan pedas. Gula bergranulasi dan madu dapat mengurangi sensasi membakar pada lidah. Gula dapat menyerap minyak pedas dan memberikan rasa berbeda pada lidah.
  • Makan cokelat susu
Makan cokelat merupakan cara praktis untuk menghilangkan sensasi membakar dalam mulut. Lemak tinggi pada cokelat membantu menghilangkan capsaicin di mulut karena senyawa itu mudah larut dalam lemak dibandingkan dengan air. Cokelat susu lebih cepat menghilangkan sensasi pedas daripada cokelat hitam karena mengandung lebih banyak lemak.
  • Makan roti
Sepoting roti mampu membantu menghilangkan sensasi “membakar” dari senyawa capsaicin, begitu juga dengan basi. Hal ini karena keduanya bisa membantu menyerap senyawa tersebut dari teksturnya yang kasar.

Jadi, sekarang teman-teman female sudah tahu kan bagaimana mengatasinya setelah membaca penjelasan di atas? Semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Cara Tak Biasa Atasi Kepedasan"

Post a Comment