Tips Cara Efektif Mengatasi Migrain

Tips Cara Efektif Mengatasi Migrain - Migrain dalam wikipedia dijelaskan sebagai gangguan kronis yang ditandai dengan terjadinya sakit kepala ringan hingga berat yang seringkali berhubungan dengan gejala-gejala sistem syaraf otonom. Tandanya berupa sakit kepala unilateral (hanya pada separuh bagian kepala), berdenyut-denyut, dan berlangsung selama 2 hingga 72 jam. Gejala-gejala yang turut menyertai antara lain mual, muntah, fotofobia (semakin sensitif terhadap cahaya), fonofobia (semakin sensitif terhadap suara) dan rasa sakitnya semakin hebat bila melakukan aktifitas fisik. Sekitar-sepertiga penderita sakit kepala migrain mengalami aura: yaitu semacam gangguan visual, indra, bicara, atau gerak/motorik yang menjadi pertanda bahwa sakit kepala tersebut akan segera muncul. (Wikipedia: Migrain)

Dari pengertian di atas, maka migrain merupakan sakit kepala sebelah yang paling sering dialami setiap orang dan nyeri yang dirasakan sama sakitnya dengan nyeri akibat cidera kepala. Namun, yang membedakan keduanya adalah migrain bisa diatasi dan dicegah dengan hal-hal yang simple atau sederhana serta mudah, tidak hanya dengan obat-obatan medis.

Tips Cara Efektif Mengatasi Migrain

Obat-obat medis memang telah terbukti sebagai salah satu cara mengatasi migrain, juga dapat mencegah migrain sebelum terjadi. Namun, obat-obatan hanyalah sebagian cara dari banyak cara untuk mengatasi migrain. Hal yang juga tidak kalah penting adalah menjaga kesehatan diri sendiri. Perilaku hidup sehat dapat mengurangi serangan migrain dan derajat nyeri migrain itu sendiri.

Mengatasi Migrain dengan Berlatih Yoga

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Yoga, mengungkapkan bahwa penderita migrain kronis yang berlatih yoga terapi selama 30 menit 5 kali dalam seminggu, selama 6 minggu melaporkan bahwa gejala migrain mereka secara signifikan lebih berkurang.

Skor mereka pada Headache Impact Test (alat yang digunakan oleh dokter untuk mendiagnosa dan memantau pasien migrain) juga menurun. Yoga adalah alternatif yang lebih bagus daripada aerobic dalam menurunkan gejala migrain. Karena apa teman-teman Female??? Karena yoga dapat membantu menenangkan system saraf.

Beberapa Manfaat Yoga

Menurut peneliti, Jordan Metzl, MD sebagaimana dilansir laman prevention. Bahwa yoga adalah merupakan cara yang bagus untuk mengurangi stress dan dengan demikian mengurangi baik ketegangan maupun sakit kepala migrain. Yoga lebih aman, sehat dan tidak ada efek samping. Jadi mengapa teman-teman Female tidak mencobanya?

Penelitian ini merekomendasikan 30 menit yoga setiap hari, dengan fokus pada pose lembut dan santai yang membuat teman-teman Female santai. Cari kelas di dekat teman-teman Female atau mulai dengan 10 menit ini lembut rutin yoga di rumah.

Demikianlah uraian singkat mengenai tips cara efektif mengatasi migrain. Semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Cara Efektif Mengatasi Migrain"

Post a Comment