Cara Bedakan Benjolan Tumor dan Kanker pada Payudara

Cara Bedakan Benjolan Tumor dan Kanker pada Payudara - Kanker payudara merupakan ancaman serius bagi kaum hawa. Bagaimana tidak, prevelensinya menempati urutan wahid jenis kanker paling banyak pada wanita, baik di dunia maupun di Indonesia. Untuk itu, wanita perlu lebih waspada dengan rutin melakukan pemeriksaan pada payudaranya.

Namun tidak semua benjolan di payudara adalah kanker. Faktanya, hanya 15 persen dari benjolan yang bisa berkembang menjadi kanker. Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Onkologi Indonesia, Drajat Ryanto Suardi  dalam Konferensi Pers “Breast Cancer Expert Forum” dengan tema “Transforming Advanced Breast Cancer at The Molecular Level” di Jakarta mengatakan,

‘Selain kanker, benjolan bisa berupa tumor jinak, namun keduanya tetap perlu diwaspadai. Tumor jinak tidak lebih berbahaya daripada kanker. Karena tidak menyebabkan kegagalan organ yang dihinggapinya’.

Perbedaan Kanker dan Tumor Payudara

Perbedaan antara Kanker dengan Tumor jinak, antara lain pertama kanker lebih cepat bertumbuh dibandingkan dengan tumor. Dalam 8-200 hari, sel-sel kanker bisa membelah dengan sangat cepat. Sementara tumor jinak pertumbuhannya lebih lambat.
Cara Bedakan Benjolan Tumor dan Kanker pada Payudara
Kedua, ketika diraba, benjolan kanker terasa padat dan keras. Sel-sel kanker bila teraba rasanya akan seperti meraba tulang. Sementara itu, benjolan tumor akan teraba lebih lunak.

Lebih lanjut, Drajat menjelaskan bahwa benjolan tumor pun bisa mengalami pergeseran jika ditekan, tidak seperti kanker yang kaku. Ini karena sel-sel kanker umumnya melakukan infiltrasi (penyusupan) terhadap jaringan-jaringan di sekitarnya. Maka sulit untuk digerakkan.

Benjolan akibat kanker yang sudah berkembang lebih lanjut juga menyebabkan perubahan pada permukaan payudara. Misalnya seperti putting yang tertarik ke dalam, itu akibat dari infiltrasi tersebut.

Sekian uraian mengenai cara bedakan benjolan kanker dan tumor, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Bedakan Benjolan Tumor dan Kanker pada Payudara"

Post a Comment