Musim Penghujan Tiba, Waspadai Demam Berdarah

Waspada Demam Berdarah - Musim penghujan kini sudah tiba. Karena itu, pemerintah melalui Dinas Kesehatan meminta masyarakat untuk waspada akan bahaya demam berdarah. Indonesia sebagai wilayah yang berada di garis katulistiwa, beriklim tropis menjadi salah satu tempat favorit bagi ribuan spesies serangga, termasuk nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk yang biasa menyebarkan virus dengue. Gigitan nyamuk ini menyebabkan demam berdarah dengue (DBD) bagi si penderitanya.

Waspada Demam Berdarah

Seorang dokter yang bertugas di Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, dr. Sutara mengungkapkan, bersamaan dengan terhisapnya darah, virus tersebut berpindah ke orang yang baru saja tergigit dan menyebabkan orang sehat jadi terinfeksi.
Musim Penghujan Tiba, Waspadai Demam Berdarah
Lebih jauh, bahwa nyamuk Aedes Aegypti memiliki ciri warna hitam putih beraktivitas dari pagi sampai sore hari. Sedangkan pada malam hari, nyamuk ini tidur. Maka,berhati-hatilah terhadap gigitan nyamuk pada siang hari. Kebiasaan lain dari nyamuk ini adalah senang berada di genangan air bersih dan daerah yang banyak pohon seperti taman dan kebun. Genangan air pada pot bunga, sampah plastik, botol bekas, juga menjadi salah satu tempat favorit nyamuk Aedes aegypti.

Tips Mencegah Demam Berdarah

Menurut dr. Sutara, menjaga kebersihan diri, rumah dan lingkungan di sekitar merupakan hal yang wajib dilakukan sebagai upaya pencegahan dini. Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi DBD ini.

Dengan cara menguras bak penampungan air atau tempat-tempat lain yang berpotensi menampung air yang bisa digunakan oleh nyamuk berkembang biak, seperti ban bekas atau kaleng bekas. Kalau perlu dikubur saja sampah-sampah itu. Kemudian menjaga daya tahan tubuh dengan cara sebisa mungkin tidak terlalu lelah dalam bekerja.

Cukup makan dan gizi yang seimbang, cukup istirahat dan berolahraga secara teratur. Jika demam sudah menyerang, segeralah mengambil langkah dengan banyak istirahat, minum air putih dan segera pergi ke dokter terdekat agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Perlu di ketahui, DBD merupakan penyakit yang terdapat pada anak dan dewasa dengan gejala utama demam, sakit kepala, mual, bintik kemerahan dibadan, nyeri otot dan sendi, yang biasanya memburuk setelah dua hari pertama. Akibat infeksi virus dengue, permeabilitas pembuluh darah meningkat, sehingga cairannya akan keluar. Hal ini menyebabkan dehidrasi kepada si penderita. Selain itu sel darah beku (trombosit) jumlahnya turun, sehingga orang yang terkena demam berdarah akan mengalami perdarahan seperti mimisan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Musim Penghujan Tiba, Waspadai Demam Berdarah"

Post a Comment