Waktu Paling Tepat untuk Minum Air Putih

Waktu Paling Tepat untuk Minum Air Putih - Postingan kali ini Female akan berbagi tips mengenai Waktu Paling Tepat untuk Minum Air Putih. Berkaitan dengan air putih, tentu teman-teman familiar dengan ungkapan bahwa "Anda harus minum 8 gelas air sehari". Hal ini penting untuk diperhatikan, sebab air akan membuat tubuh berfungsi sebagaimana mestinya. Air juga akan menghindarkan dari dehidrasi yang bisa membuat teman-teman menderita penyakit kronis karena 70% bagian tubuh sendiri terdiri dari air.

Waktu Paling Tepat untuk Minum Air Putih

Selain kuantitas air yang teman-teman minum, ternyata ada waktu-waktu tertentu pula yang harus diperhatikan untuk minum air putih. Dilansir dari indiatimes, berikut adalah daftarnya:

Waktu Paling Tepat Minum Air Putih

  • Saat bangun tidur pagi hari
Ingin tubuh yang lebih sehat dan bugar? Kuncinya terletak pada kebiasaan teman-teman di pagi hari. Salah satu kebiasaan sehat yang harus diterapkan di pagi hari adalah minum air putih setidaknya 1-2 gelas. Kebiasaan ini bermanfaat untuk menghapus semua racun yang ada dalam sistem tubuh. Dengan minum air putih, juga bisa terhindar dari dehidrasi karena tidur semalaman. Agar air putih yang diminum lebih sehat, teman-teman bisa menambahkan berbagai macam ramuan sehat di dalamnya seperti lemon, madu, dan kayu manis. Serta lebih baik lagi jika air yang diminum adalah air hangat.
  • Setengah jam sebelum makan
Menjalankan pola makan sehat mampu menjadi kunci utama agar berat badan turun dengan sehatnya. Selain konsumsi banyak makanan sehat dan kaya serat, ternyata minum air putih setengah jam sebelum makan bisa membantu dalam menurunkan berat badan. Alasannya, air akan mengurangi rasa lapar sehingga teman-teman dapat terhindar dari keinginan untuk makan secara berlebihan.

Selain alasan tersebut, minum air sebelum makan juga mampu mempersiapkan perut untuk mendapatkan kiriman makanan dari luar. Sehingga lambung dan usus menjadi tidak kaget saat menerima makanan.
  • Saat ingin ngemil
Ngemil menjadi hal yang sangat membahayakan untuk berat badan. Sebab jika teman-teman ngemil dan tidak terkontrol, berat badan bisa naik secara drastis.

Salah satu solusi yang bisa dicoba agar teman-teman tidak ngemil secara berlebihan adalah dengan minum air. Sebab sinyal tubuh yang kelaparan sangat mirip dengan sinyal saat kehausan. Setelah minum air, tunggu sekitar 10 menit untuk memastikan apakah memang benar-benar lapar atau haus. Sehingga jika setelah minum merasa kenyang, maka teman-teman bisa terhindar dari acara ngemil yang tidak perlu.
  • Saat merasa lelah
Teman-teman merasa lelah siang ini? Itu tandanya teman-teman harus minum air putih. Sebagian besar otak teman-teman yaitu sekitar 75% terdiri dari air dan hal ini berarti bahwa teman-teman harus memperhatikan konsumsi air agar terhindar dari dehidrasi yang bisa membuat teman-teman merasa lelah. Oleh karena itu selalu sediakan segelas air baik di meja kerja atau kemanapun teman-teman berada. Sehingga bisa langsung minum saat merasa haus dan lelah.
  • Saat di siang hari
Teman-teman disarankan untuk minum air putih sebanyak minimal 8 gelas dalam sehari. Dengan jumlah tersebut, ada teknik minum tersendiri yang bisa diterapkan. Teknik pertama adalah minum lebih dari 4 gelas air pada siang hari. Sisanya bisa dilanjutkan di malam hari. Pembagian ini bertujuan agar tidak sering kencing di malam hari saat tidur. Sebab jika sering kencing di waktu tidur, maka otomatis waktu tidur akan terganggu.
  • Sebelum dan sesudah olahraga
Adalah sangat penting untuk terhidrasi ketika olahraga. Sebab tubuh membutuhkan air untuk mengangkut semua nutrisi yang diperlukan untuk pergerakan otot. Selain manfaat tersebut, minum banyak air juga penting untuk mencegah kelelahan selama olahraga. Sebab ketika olahraga, tubuh bekerja begitu keras dan bisa dehidrasi jika tubuh tidak terhidrasi dengan baik.
  • Saat sakit, hamil, atau menyusui
Ketika teman-teman sakit, sedang hamil, atau menyusui adalah beberapa momen yang tepat untuk menambah asupan cairan di dalam tubuh. Sebab aktivitas tersebut sangat menguras cadangan air dalam tubuh. Ketika sakit, teman-teman butuh banyak air untuk memperbaiki sel dan menyembuhkan tubuh secara mandiri. Sedangkan saat hamil atau menyusui, air diperlukan untuk menggantikan cairan tubuh yang terserap. (Sumber : Merdeka)

Jadi, teman-teman ingin agar manfaat air putih lebih terasa maksimal di tubuh? Usahakan untuk banyak minum air di jam tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waktu Paling Tepat untuk Minum Air Putih"

Post a Comment