Tips Mengapa Perlu Puasa Sebelum Periksa Kesehatan

Tips Mengapa Perlu Puasa Sebelum Periksa Kesehatan - Persiapan pemeriksaan yang benar merupakan hal yang perlu teman-teman Female lakukan sebagai upaya untuk mendapatkan hasil pemeriksaan yang akurat, untuk diagnose dan pengobatan yang tepat oleh dokter. Lakukan dengan benar untuk menghindari pemeriksaan ulang atau menghindari pemeriksaan tambahan yang tidak perlu.

Persiapan Sebelum Pemeriksaan

Berikut penjelasan anjuran persiapan sebelum pemeriksaan;
Mengapa harus puasa?
Kandungan gizi dalam makanan dan minuman yang teman-teman Female konsumsi akan diserap ke dalam aliran darah dan bisa memberikan dampak langsung pada tingkat glukosa darah. Lemak dan besi. Puasa minimal selama 10-12 jam (kecuali glukosa minimal 8 jam) akan mengurangi variabilitas sebstansi tersebut dan juga variabilitas substansi lain dalam darah. Hal ini untuk memastikan agar hasil pemeriksaan tidak dipengaruhi oleh konsumsi makanan terakhir dan dapat diinterpretasikan dengan benar oleh dokter. Beberapa pemeriksaan yang mewajibkan berpuasa antara lain;
  • Pemeriksaan glukosa
  • Pemeriksaan kolesterol (profil lipid/lemak)
  • Pemeriksaan urea dan asam urat
Puasa dalam konteks laboratorium adalah tidak mengkonsumsi makanan dan minuman (kecuali air putih) dalam jangka waktu yang ditentukan. Teman-teman Female sebaiknya meminum air putih dalam jumlah cukup. Karena tubuh yang terhidrasi dengan baik akan memberikan gambaran kadar pemeriksaan yang sebenarnya. Teman-teman Female bisa coba baca postingan terdahulu tentang ‘Minum Jangan Tunggu sampai Haus’.


Jika teman-teman Female tidak berpuasa dan berpuasa dalam waktu yang lebih singkat dari yang dianjurkan, pemeriksaan yang teman-teman Female lakukan akan memberikan hasil yang tidak akurat karena pemeriksaan tertentu masih dipengaruhi oleh makanan. Untuk itu, teman-teman Female sebaiknya mengulang pemeriksaan tersebut untuk mendapatkan hasil yang akurat. Jika teman-teman Female merasa berpuasa justru akan menimbulkan masalah bagi kondisi tubuh, teman-teman Female bisa mengkonsultasikannya kepada dokter atau perawat.
Berapa lama sebaiknya teman-teman Female berpuasa?
Umumnya pasien diminta untuk puasa selama 12 jam sebelum melakukan pemeriksaan laboratorium kecuali jika teman-teman Female hanya diminta periksa glukosa, puasa cukup dilakukan selama 8 jam. Namun, dokter atau perawat mungkin akan memberikan saran dan masukan yang berbeda. Agar mendapatkan hasil tes yang akurat, lakukan saran dokter atau perawat.
Mengapa tidak mengkonsumsi obat-obatan atau jika tidak harus melaporkan obat-obatan yang dikonsumsi?
Ketika hendak melakukan pemeriksaan, pasien tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi obat-obatan. Beberapa obat akan berdampak terhadap hasil tes darah. Tetapi ini tidak berarti teman-teman Female diwajibkan untuk berhenti minum obat. Misalnya, penggunaan obat corticosteroids dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Untuk itu teman-teman Female diharapkan mengkonfirmasikan obat-obat yang dikonsumsi ke pihak laboratorium. Hal ini bertujuan untuk membantu pihak laboratorium dalam memvalidasi hasil teman-teman.
Mengapa pemeriksaan sebaiknya dilakukan pada 07.00-09.00 pagi?
Pemeriksaan laboratorium sebaiknya dilakukan pada pagi hari karena merupakan keadaan basal tubuh setelah beristirahat pada malam hari. Selain itu, tubuh kita memiliki variasi biologis sesuai dengan waktu. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mengapa Perlu Puasa Sebelum Periksa Kesehatan"

Post a Comment