Tips Kenali Autisme Melalui Tatapan Bayi

Kenali Autisme Melalui Tatapan Bayi - Autisme baru bisa didiagnosis setelah dokter melakukan pemeriksaan pada perilaku, kemampuan bersosialisasi dan komunikasi anak secara menyeluruh. Namun dalam penelitian asal Amerika mengatakan gejala autisme sudah bisa terdeteksi pada bayi ketika usianya baru dua bulan.

Menurut peneliti, anak yang dikemudian hari didiagnosis dengan autisme memperlihatkan adanya keengganan untuk melakukan kontak mata di bulan-bulan pertama kehidupannya. Tim peneliti dari Emory University School of Medicine Atlantamenemukan cara tersebut dengan memanfaatkan teknologi pelacak gerak-gerik mata untuk mempelajari bagaimana cara bayi memperhatikan sesuatu dan merespon isyarat-isyarat social, sejak lahir hingga usianya mencapai tiga tahun.

Tips Kenali Autisme Melalui Tatapan Bayi

Untuk keperluan studi ini, ketua Tim peneliti, Dr. Warren Jones bekerjasama dengan Dr. Ami Klin, direktur Marcus Autism Center, Atlanta untuk mengamati 59 bayi yang beresiko tinggi mengalami autisme karena mempunyai saudara dengan gangguan yang sama, dan 51 bayi yang beresiko rendah mengalami autisme.

Ternyata 13 anak didiagnosis dengan gangguan spectrum autisme, di antaranya adalah 11 anak laki-laki dan 2 anak perempuan. Kemudian setelah peneliti kembali mengamati data dari teknologi pelacak gerak-gerik mata, ditemukanlah fakta yang mengejutkan.

Indikator Bayi Mengalami Autisme

Dr. Jones mengatakan sebagaimana dilansir pada laman The Verge, bahwa pada bayi autis, kontak mata menurun sejak enam (6) bulan pertama kehidupannya. Untuk itu, Dr. Jones memperingatkan agar para orang tua jangan buru-buru menyimpulkan anak mereka terkena autisme apabila sewaktu-waktu bayi mereka menghindari kontak mata deengan mereka.

Lebih lanjut Dr. Jones mengungkapkan, pasalnya kami menggunakan teknologi yang sangat khusus untuk mengukur perbedaan perkembangan pada bayi autis maupun tidak, serta melalui pengamatan yang intensif dari waktu ke waktu. Dimana setiap gerakan bayi ketika berinteraksi diawasi secara sangat spesifik. Dan kami pastikan para orang tua tidak akan bisa melihat perbedaan tersebut tanpa bantuan teknologi.

Demikianlah uraian siangkat mengenai cara mengenali autisme melalui tatapan bayi. Semoga dapat menambah wawasan teman-teman Female dan tentunya dapat bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Kenali Autisme Melalui Tatapan Bayi"

Post a Comment