Agar Kopi Lebih Sehat untuk Diminum

Agar Kopi Lebih Sehat untuk Diminum - Kopi diketahui memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Menurut study dari University of Scranton, kopi merupakan sumber antioksidan yang sangat baik sehingga minum sejumlah kecil cangkir kopi dalam sehari dapat mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2, Alzheimer, bahkan kanker prostat.

Namun, pengolahan kopi juga dapat menentukan manfaatnya. Cara memanggang, menyimpan, menyeduh, hingga meminumnya berpengaruh terhadap cita rasa sekaligus manfaat dari kopi itu sendiri.

Agar Kopi Lebih Sehat untuk Diminum

Langkah-Langkah Membuat Kopi Lebih Sehat

Berikut merupakan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membuat kopi lebih sehat untuk diminum.
  • Memanggang
Proses pemanggangan kopi berhubungan dengan proses pengubahan asam pada kopi menjadi antioksidan. Semakin cerah warna biji kopi yang sudah disangrai, semakin tinggi kandungan antioksidannya.

Peter Martin, Direktur Vanderbilt University Institute for Coffee mengatakan, efek antioksidan pada kopi berhubungan dengan senyawa yang disebut asam klorogenat. Memanggang biji kopi akan mengubah asam ini menjadi antioksidan. Namun, jika terlalu lama, antioksidannya akan rusak.
  • Menyimpan
Menurut study Food Chemistry, biji kopi yang sudah disangrai mengandung antioksidan sehingga paparan udara dapat merusaknya. Itu sebabnya, penyimpanannya harus khusus. Biji kopi panggang perlu disimpan di dalam wadah yang kedap udara. Ketika akan dipakai, baru biji kopi digiling. (Kelamaan……. :D tapi kalau mau sehat ya harus begitu. Keculi tidak mau ya langsung saja beli di warung samping)
  • Menyeduh
Para peneliti dari Itali menemukan lima metode penyeduhan kopi yang berbeda dan menemukan cara menyeduh moka, espresso, dan neopolian membantu menambah kadar antioksidan pada kopi dibandingkan dengan metode menyaringnya. Jika terlalu pekat, maka hasil seduhan dapat ditambahkan air sehingga jadilah kopi Americano. Mau?
  • Meminum
Bagaimana cara meminum kopi yang paling sehat? Hitam, tanpa gula. Nutrisi dalam kopi akan rusak ketika ditambah bahan lain ke dalamnya menurut Martin. Meskipun begitu teman-teman Female tetap bisa menambahkan kayu manis untuk menambah cita rasa lain pada kopi teman-teman.

Jadi, teman-teman Female mau yang bagaimana? Instan dengan mengambil berbagai resiko atau menunggu sebagaimana ulasan di atas tapi menyehatkan? Bingung kan? Semoga uraian di atas bisa menginformasi kepada teman-teman Female dan tentunya dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Agar Kopi Lebih Sehat untuk Diminum"

Post a Comment