Bangun Lebih Pagi Kurangi Resiko Serangan Jantung

Bangun Lebih Pagi Kurangi Resiko Serangan Jantung - Serangan jantung menjadi momok karena tanpa penanganan yang cepat bisa berakibat fatal. Selain gaya hidup sehat, pada orang yang memiliki resiko penyakit jantung disarankan untuk bangun lebih pagi untuk menghindarinya serangan jantung.

Menurut dokter Spesialis Jantung Taufik Pohan, bangun lebih pagi bisa mengurangi resiko terjadinya serangan jantung. Ini karena serangan jantung umumnya terjadi di pagi hari antara jam 3-9 pagi. Lebih lanjut dokter Taufik menjelaskan, menurut irama sirkadian tubuh, jam 3-9 pagi merupakan fase untuk mulai beraktivitas, sehingga kita seharusnya mengikuti irama tersebut dan bukannya malah masih tidur.
Bangun Lebih Pagi Kurangi Resiko Serangan Jantung

Jam Biologis Tubuh (Irama Sirkadian)

Irama sirkadian diketahui merupakan jam biologis tubuh yang berhubungan dengan siklus hormonal. Penelitian menunjukkan, beraktivitas sesuai dengan irama sirkadian memiliki banyak manfaat, termasuk menghindari serangan jantung.

Dokter Taufik menjelaskan, pada jam 3-9 pagi, hormone dalam tubuh sudah bersiap untuk menjalani aktivitas sehingga membutuhkan aliran darah yang lebih cepat. Sementara jika seseorang masih tidur pada jam ini. Aliran darah masih lambat dan darah cenderung lebih kental.

Akhirnya, terjadilah ketidaksamaan tubuh dengan kondisi tubuh. Ini kemudian yang menimbulkan masalah. Misalnya, darah yang kental berpotensi menyumbat pembuluh darah sehingga menyebabkan serangan jantung. Sebagaimana yang dikatakan dr. Taufik, bahwa berbeda saat bangun pagi, jantung berdetak lebih cepat, tekanan darah meningkat, dan aliran darahpun cenderung lancer dan mencegah terjadinya sumbatan.

Di sisi lain, karena perlu bangun lebih pagi, tidurpun perlu lebih awal. Masih menurut dr. Taufik, beliau menjelaskan bahwa jam 9 malam tubuh seharusnya telah beristirahat karena sesuai dengan irama sirkadian. Saat ini tubuh membutuhkan aliran darah yang lebih lambat. Lagi pula tidur lebih awal bisa mencukupi kebutuhan tidur saat harus bangun lebih pagi.

Demikian uraian singkat mengenai bangun lebih pagi dapat mengurangi resiko serangan jantung. Semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bangun Lebih Pagi Kurangi Resiko Serangan Jantung"

Post a Comment