Asupan Kalium Cukup, Cegah Wanita Menopause Stroke

Asupan Kalium Cukup, Cegah Wanita Menopause Stroke - Apa persamaan antara kentang panggang, pisang, kacang putih, pasta tomat dan apriko kering? Ya, mereka merupakan makanan yang lezat. Tapi lebih dari itu mereka adalah sumber yang kaya kalium. Mineral penting ini telah lama dikenal untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

Asupan Kalium Cukup, Cegah Wanita Menopause Stroke

Cegah Wanita Menopause Stroke

Sebuah studi yang dilakukan oleh Albert Einstein College of Medicine di New York menemukan manfaat kesehatan penting lain dari diet kalium yakni efektivitasnya dalam mencegah stroke pada wanita setelah menopause.

Studi yang dilakukan selama 11 tahun dari 90.137 wanita pasca menopause berusia 50 hingga 79 tahun menemukan bahwa perempuan yang makan paling banyak kalium adalah 12 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menderita stroke pada umumnya dan 16 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menderita stroke iskemik ketimbang perempuan yang makan sedikit kalium.
‘Kalium merupakan komponen penting dari fungsi seluler’. Menurut pemimpin peneliti, Sylvia Wassertheil Smoller, seperti dilansir laman Care2.
‘Kalium mempengaruhi sel-sel endotel yang melapisi pembuluh darah. Jadi dapat memberikan aliran darah lebih banyak untuk daerah-daerah kritis’. Lanjut beliau.

Tapi apakah kita mendapatkan cukup kalium dalam diet? Jauh dari itu, menurut American Heart Association, asupan harian yang direkomendasikan kalium untuk orang dewasa rata-rata adalah sekitar 4.700 miligram per hari.

Namun, The American Journal of Clinical Nutrition, melaporkan bahwa kurang dari 2 persen dari orang dewasa Amerika mengkonsumsi asupan harian yang direkomendasikan kalium. Kabar baiknya adalah, tidak sangat sulit untuk meningkatkan asupan kalium pembaca Female. Bahkan lebih baik, beberapa makanan yang kaya potassium benar-benar lezat! :D

5 Makanan Yang Mengandung Kalium Tinggi

Berikut adalah 5 (lima) makanan yang mengandung kalium tinggi:
  • Satu kentang panggang mengandung 1081 mg kalium
  • Setengah cangkir kacang putih mengandung 595 mg kalium
  • Setengah cangkir apricot kering mengandung 755 mg kalium
  • Seperempat cangkir pasta tomat mengandung 664 mg kalium
  • Pisang. Satu pisang mengandung 594 mg kalium
  • Jus Wortel. Satu cangkir mengandung 689 mg kalium.
Semoga bermanfaat...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asupan Kalium Cukup, Cegah Wanita Menopause Stroke"

Post a Comment