Siapa Bilang Alkohol Itu Menyehatkan Jantung?

Siapa Bilang Alkohol Itu Menyehatkan Jantung? - Ada kabar yang kurang menyenangkan bagi kita semua yang mengira mengkonsumsi alkohol dalam jumlah kecil setiap hari tidak berbahaya bagi kesehatan, bahkan menjaga kesehatan jantung. Studi terbaru menunjukkan kebalikannya.


Tim dari Universitas Gotherburg Swedia, menyebutkan bahwa manfaat menyehatkan alkohol hanya muncul jika kita memiliki genotipe atau genetik tertentu. Sayangnya, peluang memiliki genotipe tersebut sangat kecil, diperkirakan hanya 15 persen dari populasi di seluruh dunia.
'Minum alkohol dalam jumlah sedang tidak memiliki efek perlindungan yang kuat. Ataupun pada yang memiliki genotipe tertentu. Tapi, kombinasi dari dua faktor ini secara signifikan akan menurunkan resiko penyakit jantung koroner', menurut Profesor Lauren Lissner.
Para peneliti tiba pada kesimpulan itu setelah menganalisis genom dan membandingkan kebiasaan minum dari dua kelompok secara acak-sampel. Pertama yaitu 618 orang dengan penyakit jantung koroner, dan kelompok kontrol yang terdiri dari 2.921 orang.

Kedua kelompok menjawab kuesioner secara rinci jenis alkohol apa yang suka mereka minum, seberapa sering mereka minum dab gaya hidup lainnya, serta faktor-faktor sosial ekonomi seperti kebiasaan merokok, kebiasaan olahraga, status perkawinan dan aktivitas rekreasi.

Kemudian peneliti menganalisis darah dari kedua kelompok untuk mencari gen CETP. Gen ini dikenal mengatur proses pengangkutan kolesterol dari arteri perifer ke hati, yang membantu mengurangi resiko penyakit jantung koroner. Sebuah studi dari 1995 menunjukkan bagaimana proses itu dipengaruhi (secara positif) oleh alkohol. Tetapi pada penelitian selanjutnya belum dapat sepenuhnya menyamai hasil studi awal itu.

Mereka menemukan bahwa hanya orang dengan variasi gen CEPT tertentu memiliki hubungan kuat antara rendahnya resiko penyakit jantung koroner dan jumlah moderat asupan alcohol. Tapi, cukup rumit untuk mengetahui apakah kita termasuk dalam kelompok orang yang beruntung punya gen CEPT. Mungkin perlu dilakukan cara pengujian yang sederhana untuk mengetahui masuk kategori gen manakah kita.

Semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Siapa Bilang Alkohol Itu Menyehatkan Jantung?"

Post a Comment