Beberapa Penyebab Payudara Wanita Terasa Nyeri

Beberapa Penyebab Payudara Wanita Terasa Nyeri - Nyeri payudara adalah hal biasa yang terjadi pada seorang wanita dan mereka mungkin merasakan gejala yang berbeda. Beberapa payudara wanita terasa nyeri ketika sedang dalam masa menstruasi atau haid, sementara yang lain merasa nyeri pada keseluruhan siklus.

Wanita yang lebih tua mungkin mengalami nyeri payudara setelah masa menopause dan dapat digambarkan sebagai nyeri local. Terkadang bisa menjadi rasa sakit seperti terbakar, meskipun beberapa wanita merasakan sesak napas. Meskipun kebanyakan kasus tidak terkait dengan kanker, tetapi wanita tetap harus berkonsultasi dengan dokter ketika gejalanya terjadi secara terus menerus. Terutama ketika hal tersebut terjadi kepada wanita post-menopause.

Penyebab Payudara Nyeri

Di bawah ini berikut beberapa penyebab payudara menjadi terasa nyeri;
  • PMS
Sebagaimana dilansir oleh laman Women’s Health Magazine, Ginekolog Taraneh Shirazian, MD mengatakan, bahwa salah satu penyebab nyeri pada payudara adalah PMS. Hal ini adalah pengaruh dari hormone estrogen dan progesterone yang mengalami naik turun sebelum, selama, bahkan setelah menstruasi atau haid datang. Kondisi berbeda-beda pada masing-masing wanita. Bila teman-teman Female merasa nyeri pada payudara tapi tidak menemukan benjolan mungkin teman-teman Female bisa melihat pada kalender. Apakah berdekatan dengan siklus menstruasi atau haid bulanan.
  • Payudara Besar
Beberapa Penyebab Payudara Wanita Terasa Nyeri

Penyebab yang kedua adalah ukuran payudara. Ukuran payudara juga dapat membawa nyeri pada payudara konstan yang dapat disertai dengan rasa tidak nyaman pada leher dan bahu, serta nyeri punggung. Ini bisa dikurangi dengan mengurangi ukuran payudara.
  • Pengaruh Obat
Obat hormonal seperti kontrasepsi oral, obat infertilitas dan terapi hormonal untuk wanita menopause dapat menyebabkan nyeri pada payudara wanita. Obat lain yang dapat mempengaruhi nyeri pada payudara termasuk anti-depresan.
  • Hamil
Penyebab lain nyeri pada payudara adalah ketika teman-teman Female sedang dalam keadaan hamil atau dalam masa kehamilan. Tidak jauh berbeda dengan PMS, hal ini juga dipengaruhi oleh kondisi hormonal. Bisa jadi dalam kondisi ini payudara akan mengalami nyeri sekaligus bengkak. Hal ini juga karena payudara mulai mempersiapkan diri sebelum anak lahir.

Demikianlah uraian mengenai beberapa penyebab yang menjadikan payudara terasa nyeri. Semoga dapat menginformasi dan dapat dipahami gejala-gejalanya dan tentunya dapat bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Beberapa Penyebab Payudara Wanita Terasa Nyeri"