Biasakan Tidur siang agar Balita Tidak Rewel

Biasakan Tidur siang agar Balita Tidak Rewel - Bawah Lima Tahun atau sering disingkat sebagai Balita merupakan salah satu periode usia manusia setelah bayi dengan rentang usia dimulai dari dua sampai dengan lima tahun, atau biasa digunakan perhitungan bulan yaitu usia 24-60 bulan. Periode usia ini disebut juga sebagai usia prasekolah.

Perkembangan Psikologis Balita

Terjadi perubahan yang cukup drastis dari kemampuan psikomotor balita yang mulai terampil dalam pergerakannya (lokomotion). Mulai melatih kemampuan motorik kasar misalnya berlari, memanjat, melompat, berguling, berjinjit, menggenggam, melempar yang berguna untuk mengelola keseimbangan tubuh dan mempertahankan rentang atensi.

Pada masa balita adalah saatnya dilakukan latihan mengendalikan diri atau biasa disebut sebagai toilet training. Freud mengatakan bahwa pada usia ini individu mulai berlatih untuk mengikuti aturan melalui proses penahanan keinginan untuk membuang kotoran.

Manfaat Tidur Siang Bagi Balita

Anak di usia balita umumnya aktif dan suka bergerak. Entah belajar merangkak ataupun jalan, sehingga menyebabkan kurang istirahat di siang hari. Padahal istirahat pada waktu siang hari baik untuk pertumbuhan anak usia balita. Dengan tidur siang, akan membantu anak-anak balita mengistirahatkan tubuhnya baik bagian luar maupun dalam. Karenanya seorang anak akan tampak bugar setelah bangun tidur.

Biasakan Tidur siang agar Balita Tidak Rewel

Dokter Iwan yang berdomisili di kecamatan Sumber mengatakan, istirahat di waktu siang hari bagi balita sangat penting. Karena manfaat tidur di waktu siang hari bagi anak balita dapat meningkatkan kemampuan daya fikir yang tajam.

Menurut dr. Iwan, anak-anak balita seharusnya dibiasakan untuk istirahat di siang hari agar pertumbuhan dalam tubuh semakin cepat, dan melindungi tubuh dalam kelelahan. Saat anak cukup tidur di siang hari, mereka enggak mudah merasa kelelahan, sehingga mampu secara optimal menerima, memproses dan mengaplikasikan informasi yang diterimanya sehari-hari.

Lebih lanjut beliau menambahkan, ketika balita tidak tidur siang, bisa menyebabkan stres dan cenderung tidak terlihat bahagia. Ketika tidak istirahat siang, anak balita cenderung menjadi rewel, cemas, selalu menangis saat ada banyak orang. Para orang tua harus lebih teliti dengan kesehatan anak-anaknya. Pastikan anak-anak balitanya untuk di perbanyak tidur siang hari secara rutin, agar tidak rewel.

Demikianlah uraian mengenai manfaat tidur siang bagi balita. Semoga dapat dimengerti dan dapat bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Biasakan Tidur siang agar Balita Tidak Rewel"

Post a Comment