Mengukur Kebugaran Tubuh

Mengukur Kebugaran Tubuh - Banyak cara untuk mengukur kebugaran tubuh. Belakangan populer di kalangan masyarakat mengenai VO2 max, sebagai salah satu ukuran kebugaran tubuh seseorang. Bagi kalangan atlet atau orang yang berkecimpung dalam dunia olahraga istilah tersebut tidaklah asing.

Volume Maksimal Oksigen Berpengaruh Pada Stamina

Menurut Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas kabupaten Cirebon, Yuswati SKM M.Kes, mengatakan bahwa VO2 max merupakan volume maksimal oksigen (O2) yang diproses tubuh pada saat melakukan kegiatan intensif seperti lari atau olahraga lainnya. VO2 max bisa disebut juga suatu tingkatan kemampuan tubuh yang dinyatakan dalam liter per menit atau milimeter atau kilogram.

Lebih jauh Yuswati menyebutkan, bahwa setiap sel dalam tubuh membutuhkan oksigen untuk mengubah energi makanan menjadi Adenosine Triphoshate (ATP) yang siap dipai untuk kerja. Pada saat tubuh beristirahat, tiap-tiap sel sedikit mengonsumsi oksigen. Namun jika tubuh sedang aktif, kebutuhan oksigen pun meningkat. Sel otot yang berkontraksi membutuhkan banyak ATP. Sel otot membutuhkan banyak oksigen dan menghasilkan karbon dioksida (CO2).

Tips Mengukur Kebugaran Tubuh

Kebutuhan oksigen dalam menghasilkan karbon dioksida dapat diukur melalui pernafasan. Sementara tingkat kebugaran dapat diukur dari volume tubuh manusia dengan kapasitas maksimum dalam mengonsumsi oksigen saat latihan. Artinya bahwa jika tubuh kita lelah saat berolahraga, pasti akan menyebabkan konsentrasi turun.

Mengukur Kebugaran Tubuh

Cepat lambatnya kelelahan seorang atlet dapat diprediksi dari kapasitas aerobik atlet yang kurang baik. Kapasitas aerobik menunjukkan kapasitas maksimal oksigen yang dipergunakan oleh tubuh (VO2 max).

Perlu diketahui, oksigen merupakan bahan bakar tubuh. Oksigen dibutuhkan oleh otot dalam melakukan setiap aktivitas berat maupun ringan. Semakin banyak oksigen yang diserap tubuh menunjukkan semakin baik kinerja otot dalam bekerja, sehingga zat sisa-sisa yang menyebabkan kelelahan jemlahnya akan semakin sedikit. Semakin tinggi VO2 max, seorang atlet yang bersangkutan juga akan memiliki daya tahan dan stamina yang istimewa.

Metode Mengukur Kebugaran Tubuh

Salah satu metode untuk mengukur VO2 max adalah dengan menggunakan metode rackport. Yakni sebuah cara untuk mengetahui volume maksimal oksigen yang masuk kedalam jantung dan paru-paru dengan berlari atau jalan cepat dengan jarak 1.600 meter. Sebelum diukur, terlebih dahulu dilaksanakan pemeriksaan tingi badan, berat badan, tensi dan nadi.

Setelah berlari sepanjang 1.600 meter, kemudian dicek berapa waktu yang ditempuh. Dari waktu tempuh itu, maka akan ketahuan nilai VO2 max-nya. Jika sudah diketahui nilainya, tinggal disesuaikan dengan tabel tingkat kebugaran yang disesuaikan dengan jenis kelamin dan kelompok usia. Dari situ, bisa kita terapkan program latihan agar kebugaran terus dijaga. Misalnya, seseorang dengan tingkat kebugarannya kurang, program latihannya baru sebatas jalan cepat, jogging atau bersepeda.

Demikianlah uraian mengenai Mengukur kebugaran tubuh, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengukur Kebugaran Tubuh"

Post a Comment