Beri ASI Turunkan Resiko Kanker Payudara

Beri ASI Turunkan Resiko Kanker Payudara - Pada bulan Oktober lalu, adalah bulan breast cancer awareness atau pemahaman mengenai kanker payudara. Pemahaman mengenai kanker payudara tersebut penting karena angka kematian akibat breast cancer semakin meningkat. Dr. Wiwin Dwirini SpB, memaparkan bahwa sudah lebih dari 98 pasien kanker payudara bisa diobati. Asalkan mereka datang lebih dini. Namun, belakangan tren itu telah berubah.

Faktor Penyebab Tingginya Resiko Kanker Payudara

Menurut dokter spesialis bedah RS Onkologi Surabaya itu saat menjadi pembicara dalam event Stand Up for Pink di Miracle Aesthetic Clinic MH Thamrin Surabaya mengatakan, sebelumnya kanker mulut rahim menjadi pembunuh nomor satu untuk perempuan. Tetapi kini tren tersebut bergeser dan digantikan breast cancer.

Masih menurut dr. Wiwin yang juga spesialis aesthetic lebih lanjut mengatakan, bahwa keterlambatan dalam penanganan kanker tak lepas dari pasien yang menunda untuk memeriksakan diri. Selain itu, banyak factor resiko yang andil di dalamnya. Faktor genetic maupun pola hidup yang buruk seperti merokok maupun kurang berolahraga tak bisa dituding menjadi tersangka utama.

ASI Turunkan Resiko Kanker Payudara

Selain lifestyle, ada factor lain yang meningkatkan resiko terjadinya kanker payudara. Yakni, keengganan untuk memberikan air susu ibu (ASI) kepada bayi. Tidak hanya baik untuk si buah hati, menyusui pun ternyata punya peran besar dalam tubuh sang ibu.

Beri ASI Turunkan Resiko Kanker Payudara

Beri ASI Turunkan Resiko Kanker Payudara
Menurut Dr. Wiwin, saat hamil dan menyusui, terjadi peningkatan kualitas dan kuantitas hormone estrogen. Hormone tersebut mengatur siklus pertumbuhan perempuan. Saat menyusui, sel-sel dalam payudara berubah. Yakni, pada periode nol hingga enam bulan, sel payudara ibu yang menyusui jadi lebih matang.

Bila dibandingkan dengan perempuan yang tidak menyusui, terpaan hormone estrogen dapat mengakibatkan proliferasi sel atau pertumbuhan pesat pada sel. Sel yang tumbuh tersebut bisa jadi tidak terkontrol dan jadi sel kanker. Sel kanker memang berasal dari sel tubuh normal yang terus berubah hingga menjadi sel yang ganas seperti kanker payudara.

Demikianlah uraian singkat mengenai memberikan ASI dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara. Semoga dapat diambil manfaatnya, dan terus melakukan kegiatan yang membuat tubuh kita sehat, apalagi untuk si kecil.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beri ASI Turunkan Resiko Kanker Payudara"

Post a Comment